Jumat, 23 Maret 2012

Men-disable tampilan gambar di Google Chrome

Waktu pertama kali memakai Google Chrome (klik untuk download), saya langsung falling in love. Pertama karena tampilannya yang pelit banget dengan menu dan kedua karena loading awalnya yang tidak banyak basa-basi. Dan karena saking pelitnya dengan menu, Chrome tidak menyediakan menu opsi untuk men-disable load images seperti pada Firefox atau Opera. Tapi bukan berarti Chrome tidak punya kemampuan untuk itu. Google Chrome bisa di-setting untuk tidak menampilkan gambar, yaitu dengan cara sebagai berikut:
  • Buka Google Chrome dari menu Run yang ada di Start Menu. Klik Browse dan cari lokasi Chrome.exe. Defaultnya dia disimpan di C:\Documents and Settings\user_name\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\Application\chrome.exe. Sebelum di-OK, tambahkan parameter di bawah ini: [spasi]-disable-images



  • Atau juga bisa langsung menambahkan parameter tersebut ke shortcut Chrome. Caranya klik kanan shortcut Google Chrome yang di Desktop atau Quick Launch dan pilih menu Properties. Pada kotak Target tambahkan parameter seperti di atas.


Kita bisa membuat 2 shortcut sekaligus dimana yang satu kita tambahkan parameter -disable-images dan yang satu lagi tidak (default). Tapi kita tidak bisa membuka keduanya sekaligus dengan settingan yang sama. Maksudnya kalau kita sudah membuka Chrome melalui shortcut 1 (yang pakai parameter), maka jendela Chrome kedua yang kita buka melalui shortcut 2 (default) akan memiliki settingan yang sama dengan yang pertama. Begitu juga sebaliknya, tergantung mana yang kita buka lebih dulu. Agak repot sih…tapi ya daripada tidak bisa sama sekali.
Ada lagi parameter lain yang mungkin bisa berguna
-disable-javascript
-disable-popup-blocking
-start-maximized


0 komentar: